Pengertian Side Navigation Bar atau Bilah Navigasi

Side Navigation Bar atau disingkat Sidenav merupakan sebuah menu navigasi tersembunyi berbentuk vertikal yang berada di sisi samping halaman sebuah website dan blog.

Tampilan sidenav versi desktop

Pada dasarnya, menu navigasi ini diciptakan khusus untuk tampilan mobile atau perangkat yang memiliki ukuran layar kecil supaya dapat menampilkan seluruh menu yang terkendala ukuran layar.

Namun bisa juga diterapkan pada halaman web versi desktop untuk mengurangi suatu menu dan komponen pada halaman yang terlalu banyak agar tampilan web menjadi lebih simpel.

Untuk menampilkan atau membuka menu sidenav, pengunjung harus menekan tombol yang pada umumnya berbentuk tiga garis bertumpuk.

Tombol dengan gaya ini, lebih dikenal dengan sebutan tombol navigasi hamburger karena bentuk nya yang bertumpuk seperti hamburger.

Side navabar dapat digunakan untuk menampilkan daftar kategori atau label artikel, link media sosial, menu pencarian, hingga foto profil.

Tampilan Sidenav versi mobile

Penerapan menu navigasi ini juga sangat penting, karena akan mempermudah visitor atau pengunjung untuk mencari informasi atau sekedar melihat menu yang tersedia.

Selain itu, sidenav juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan blog supaya lebih modern dan user friendly.

Jika diperhatikan tampilan sidenav pada website dan blog sangat mirip dengan menu navigasi yang ada pada aplikasi Android, yang membedakan hanyalah nama atau penyebutannya saja.

Jika dalam web development menu ini bernama sidenav, dalam Android development menu ini bernama navigation drawer.

Dan perlu diketahui mengenai penyebutan, sidebar juga sering di sebut sebagai navigation bar atau navbar.

Menurut saya ini kurang sesuai, karena navbar merupakan menu navigasi yang tidak selalu harus berada di samping karena bisa di pasang di atas halaman bisanya di bawah logo header.
CSO Think what others don't think

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Side Navigation Bar atau Bilah Navigasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel